Wednesday, October 27, 2010

Nuklir Iran? Baik-Baik Saja Kok!

Di era global-power seperti sekarang ini, sulit rasanya membayangkan sebuah negara bisa begitu independen dalam hal tatanan dunia. Namun, itulah yang terjadi pada negeri Syiah, Iran.

Peduli apa dengan apa yang dikatakan dunia tentang proyek-proyek nuklirnya, toh kenyataannya, proyek nuklir di Iran berjalan dengan lancar-lancar saja tanpa pernah mengalami hambatan apapun. Bandingkan misalnya dengan Irak dengan rumor senjata biologinya yang tak terbukti, 20 atau 10 tahun yang lalu; hanya sekadar desas-desus belaka, sudah digempur habis-habisan oleh seluruh dunia.

Selasa (26/10) kemarin, Iran dilaporkan telah sukses menyuntikkan bahan bakar untuk pertama kalinya ke dalam inti pembangkit listrik tenaga nuklir.

"Hari ini akan dikenang ... Karena hari ini hari dimana BBM dituangkan ke dalam inti reaktor," kata Ali Akbar Salehi, Kepala Organisasi Energi Atom Iran.

Meskipun tertunda untuk masalah teknis, tiga pasangan bahan bakar telah dimasukkan mengikuti serangkaian tes, menurut Reuters.

Kondisi ini akan memakan waktu dua bulan lebih untuk menyelesaikan proses menuangkan 163 pasangan bahan bakar lainnya ke dalam inti reaktor dan tes itu masih akan terus berjalan.

Salehi mengatakan pembangkit listrik 1.000 megawatt nuklir, yang terletak dekat kota Bushehr, diharapkan mulai menghasilkan listrik dalam waktu sekitar tiga bulan.

Proyek Bushehr pertama kali diluncurkan oleh Syah yang didukung AS pada tahun 1970 dengan menggunakan kontraktor dari perusahaan Siemens Jerman. Ketika Syah digulingkan oleh Khomeini, proyek ini sempat terhenti dahulu beberapa waktu. (sa/onislam)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/nuklir-iran-baik-baik-saja-kok.htm

No comments:

Post a Comment