Sunday, October 31, 2010

Amerika; Mulai Berkongsi Diam-Diam Dengan Rusia Di Afghanistan?

Presiden Afghanistan, Hamid Karzai mengkritik operasi bersama antara agen Rusia dan AS dalam menghancurkan laboratorium narkoba di negaranya.

Karzai mengatakan ia tidak diberitahu tentang keterlibatan Rusia, yang sudah menjadi sebuah isu sensitif di Afghanistan sejak pendudukan Soviet berakhir 21 tahun yang lalu.

Dia menyebut hal itu sebagai pelanggaran kedaulatan Afghanistan dan hukum internasional.

Rusia mengatakan telah menghancurkan lebih dari satu ton heroin dan opium, dengan nilai jalan $ 250 juta (£ 157m) dalam operasi itu.

Para pejabat lalu menuduh pasukan koalisi di Afghanistan melakukan sedikit usaha untuk mengatasi peredaran narkoba.

Hari Jumat pekan lalu, kepala badan kontrol narkoba Rusia, Viktor Ivanov, mengatakan agen-agennya telah mengambil bagian dalam operasi sehari sebelumnya dalam menghancurkan sebuah "pusat utama" narkoba sekitar 5 kilometer dari perbatasan Pakistan, dekat kota Jalalabad.

Karzai menuduh personil militer Rusia telah mengambil bagian dalam serangan yang "ilegal". Karzai mengatakan Afghanistan ingin berhubungan baik dengan Moskow, tapi hubungan itu harus berdasarkan persetujuan bersama.

Wartawan BBC Quentin Sommerville di Kabul mengatakan elit counter narkotika Afghanistan kekuatan tidak berpartisipasi dalam operasi itu tapi tampaknya kantor presiden tidak diberitahu tentang siapa yang akan menemani mereka. (sa/bbcnews)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/amerika-mulai-berkongsi-diam-diam-dengan-rusia-di-afghanistan.htm

No comments:

Post a Comment