Monday, December 6, 2010

Wikileaks: Arab Saudi Sumber Pendanaan Utama Al-Qaidah

Saudi Arabia adalah sumber utama pendanaan untuk kelompok-kelompok Islam 'radikal', menurut kabel diplomatik AS yang dirilis oleh WikiLeaks.

Negara-negara Teluk lainnya juga penting untuk penggalangan dana bagi al-Qaidah, Taliban, Lashkar-e-Toiba dan Hamas, dokumen tersebut mengatakan, negara-negara Teluk seperti Qatar dan Kuwait terutama sangat lemah dalam mengejar penduduk setempat mereka yang menyumbangkan dana kepada kelompok yang dicap teroris tersebut.

Dan Arab Saudi terutama ditantang oleh kebijakan transfer uang selama musim haji dan umrah, di mana para 'militan' mengirimkan agen mereka ke dalam kerajaan Saudi yang kaya minyak tersebut di bawah cover jamaah Muslim yang saleh, kata mereka.

"Donor di Arab Saudi merupakan sumber dana yang paling signifikan untuk kelompok Sunni teroris di seluruh dunia,'' kata dokumen yang dipublis Wikileaks, berdasarkan penilaian dari Hillary Clinton tanggal 30 Desember 2009.

"Arab Saudi tetap menjadi basis dukungan penting keuangan untuk al-Qaidah, Taliban, LeT (Lashkar-e-Toiba), dan kelompok teroris lainnya, termasuk Hamas, yang mungkin meningkatkan jutaan dolar per tahun dari sumber-sumber Saudi, selama musim Haji dan Ramadhan,'' kata kabel diplomatik tersebut.

Dikatakan negara-negara Teluk lainnya juga tetap sumber penting bagi pembiayaan untuk militan Islam, dan Qatar sebagai negara "yang terburuk di kawasan Teluk''dalam kerjasama dengan Washington.

Pendekatan Qatar atas pembiayaan bagi 'militan' adalah sebagian besar pasif, dan aparat keamanan mereka telah ragu-ragu untuk bertindak melawan teroris yang dikenal, karena mereka takut terlihat terlalu dekat dengan Amerika Serikat, tulis kabel diplomatik AS yang bocor.

Dokumen yang sama mengatakan Kuwait cenderung kurang untuk mengambil tindakan keras terhadap pemodal lokal dan fasilitator yang merencanakan serangan ke luar negeri.

Dokumen yang dirilis oleh WikiLeaks menunjukkan dorongan yang kuat Washington yang dibuat untuk sekutu Teluknya dalam menindak lanjuti uang yang pergi ke Taliban dan LeT di samping al-Qaidah.

Mereka mengungkapkan bahwa Washington berpikir sumbangan pribadi dari Teluk merupakan sumber utama dana Taliban, dan bukan perdagangan narkotika. (fq/theaustralian)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/wikileaks-arab-saudi-sumber-pendanaa-utama-al-qaidah.htm

No comments:

Post a Comment