Wednesday, December 15, 2010

Duta Khas AS ke Afghanistan & Pakistan Meninggal Dunia

Richard Holbrooke, diplomat kawakan AS telah meninggal setelah menjalani operasi yang kedua, akibat serangan jantung. Holbrooke jatuh (anfal) pada Jumat, saat melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton.

Obama menilai Holbrooke sebagai 'raksasa' dalam bidang diplomasi. Ia menangani berbagai krisis, dan terakhir Holbrooke diangkat menjadi utusan khusus oleh Presiden Barack Obama untuk menangani masalah Pakistan dan Afghanistan.

Holbrooke (69) dijuluki sebagai "bulldozer", karena kemampuannya dalam setiap perundingan untuk mencapai tujuan strategis bagi kepentingan AS. Holbrooke telah bertahun-tahun untuk menghadapi para pemimpin berbagai negara yang terlibat dalam berperang, dan mendorong mereka ke meja perundingan. Tentu, semuanya untuk kepentingan AS.

Dikabarkan Holbrooke bertemu Menlu Hallary Clinton di Departemen Luar Negeri AS, Jumat, saat pertemuan itulah Holbrooke jatuh, dan tidak sadarkan diri, dan kemudian sesudah menjalani operasi yang kedua, ia meninggal.

Raksasa Kebijakan Luar Negeri AS

Berita kematiannya, langsung Menlu AS Hillary Clinton, mengatakan, bahwa AS telah kehilangan "Salah satu diplomat paling ulung, dan memiliki dedikasi yang tinggi bagi AS", ucap Hillary.

Sebelumnya hari Senin, Obama telah memuji Holbrooke di sebuah acara liburan di Deparlu AS, menggambarkan dia sebagai "Anak yang keras", ujar Obama. Obama mengatakan, "Dia salah satu raksasa kebijakan luar negeri Amerika," kata Obama.

Holbrooke sudah mengabdi kepada berbagai pemerintahan di AS. Bahkan sudah sejak 1962, dan menjadi diplomat di Vietnam. Holbrooke mengabdi kepada semua pemerintahan dari Partai Demokrat sejak zamannya Presiden John F Kennedy sampai Obama.

Peranannya di Eropah, membantu membawa ke mengakhiri perang di Bosnia, yang menyelamatkan Serbia, saat kekuatan Serbia hampir dikalahkan oleh pasukan muslim Bosnia, kemudian kedua belah fihak dibawa ke meja perundingan di Dayton (AS) oleh Richard Holbrooke.

Holbrooke diangkat oleh Obama sebagai utusan l khusus untuk Afghanistan dan Pakistan tak lama setelah Presiden Obama menjabat Januari 2009. Holbrooke di bawah pemerintahan Obama,memimpin tugas sulit mendorong Kabul dan Islamabad untuk berperang dan menghancurkan Al-Qaeda dan militan Taliban. Bagi melaksanakan tugas ini, Holbrooke segera melantik Reda Vali Nasr, anak kepada sarjana Iran Sayyed Hossein Nasr sebagai penasihat peribadinya bagi melancarkan hubungan kerjasama Amerika - Iran untuk berhadapan dengan Taliban di Afghanistan dalam gagasan yang disebut-sebut oleh penganalisis sebagai Obama War - lanjutan kepada kerjasama Amerika-Iran semasa kempen "War on Terrorism" yang lalu. Kita sering mendengar hubungan strategik yang berlaku antara Iran dan Amerika di Afghanistan baru-baru ini adalah hasil dari kerja-kerja Holbrooke bersama penasihatnya itu untuk mengekang kemaraan Taliban di Afghanistan yang sangat menakutkan Iran.

Inilah tugas Holbrooke, seorang Yahudi (bersimpati Partai Likud), mendorong Pakistan melakukan pembantaian di lembah Swatt, yang menjadi basis Taliban Pakistan, mendorong Parvez Musharaf menghancurkan 'Masjid Biru', yang dituduh menjadi pusat gerakan Taliban.

Tangan Holbrooke penuh dengan lumuran darah rakyat Pakistan dan Afghanistan. Karena, dia mendorong untuk terus mengobarkan perang di wilayah itu. (m/bbc)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/utusan-khusus-presiden-bush-untuk-afghanistan-meninggal.htm

No comments:

Post a Comment