Tuesday, November 30, 2010

Syaikh Abdul Hamid: Syi'ah Tidak Boleh Hina Simbol yang Dihormati Sunni

Syaikh Abdul Hamid menyerukan komunitas Syi'ah untuk menghormati simbol-simbol suci masyarakat Sunni pada saat mereka melakukan kegiatan keagamaan mereka.

Berbicara di depan puluhan ribu jamaah di masjid Makki Zahedan, ulama sunni terkemuka Iran ini berkata, "Ada beberapa festival keagamaan yang dianggap sangat penting di kalangan masyarakat Syi'ah, kegiatan tersebut tidak memiliki kepentingan di kalangan masyarakat Islam lain di seluruh dunia, seperti perayaan "Ghadeer-e-Khum" yang diperingati setiap tanggal 18 Dzulhijjah, yang sangat penting hanya bagi kalangan Syi'ah namun tidak bagi masyarakat Islam lainnya."

Syaikh Abdul Hamid menambahkan banyak kalangan Syi'ah Muslim dalam aktivitas-aktivitas keagamaan tersebut menampilkan simbol-simbol keagamaan mereka, tetapi mereka harus menyadari bahwa simbol-simbol keagamaan masyarakat Sunni, harus mereka hormati.

Seperti Ummul Mukminin 'Aisyah, Ra mereka harus menghormati semua sahabat nabi SAW dan mereka harus menyadari tugas mereka untuk menjaga diri dari mengatakan hal-hal buruk terhadap simbol-simbol yang dihormati dikalangan Sunni ini, karena rasa hormat mereka adalah tanda utama dari Ahlus-Sunnah wal Jamaa'h.

Imam Sunni asal Iran ini juga meminta kedua komunitas Syiah dan Sunni untuk saling menghormati hal-hal yang dianggap 'suci' di kalangan kedua komunitas satu sama lain. (fq/sunnionline)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/syaikh-abdul-hamid-syi-ah-tidak-boleh-hina-simbol-yang-dihormati-sunni.htm

No comments:

Post a Comment