Sunday, November 14, 2010

Jenderal Inggris: Barat Tidak Akan Pernah Bisa Kalahkan Al-Qaidah

Kepala pasukan militer Inggris yang baru, Jenderal Sir David Richards, telah memperingatkan bahwa Barat tidak dapat mengalahkan al-Qaidah dan Islam militan.

Surat kabar The Telegraph mengutip pernyataan Jenderal Richards yang mengatakan bahwa mengalahkan militansi Islam adalah sesuatu yang "tidak perlu dan tidak akan pernah tercapai".

Dia juga mengatakan bahwa ancaman yang ditimbulkan oleh "al-Qaidah dan afiliasinya" menjadikan keamanan nasional Inggris akan beresiko untuk sedikitnya 30 tahun, menambahkan bahwa perang barat melawan apa yang ia digambarkan sebagai ideologi jahat, mirip dengan perang melawan Nazi Jerman di Perang Dunia Kedua.

"Dalam perang konvensional, kekalahandan kemenangan jelas terlihat dengan dilambangkan oleh pasukan yang berbaris masuk ke ibukota negara lain. Pertama-tama Anda harus bertanya apakah kita harus mengalahkannya (militansi Islam) dalam arti yang jelas dengan memotong kemenangan? saya berpendapat bahwa hal itu tidak diperlukan dan tidak akan pernah tercapai, " The Telegraph mengutip pernyataan Jenderal Richard.

"Namun apakah kita bisa mengisinya ke sebuah titik bahwa hidup kita dan anak-anak kita dapat hidup dengan aman? Saya pikir kita bisa," tanyanya.

Dia menyatakan lebih lanjut bahwa senjata nyata dalam perang melawan al-Qaidah adalah penggunaan "pencegahan awal" serta "pendidikan dan demokrasi," dan menambahkan bahwa masalah yang memunculkan Islamisme militan tidak mungkin diselesaikan.

Tentang masalah perang di masa depan, jenderal ini mengatakan bahwa dia tidak melihat kasus intervensi militer di negara-negara lain pada saat ini tetapi menambahkan bahwa ia akan "berbusa untuk mengatakan bahwa suatu hari kita tidak akan kembali di posisi itu, " kata surat kabar tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa militer Inggris dan Pemerintah telah bersalah karena tidak sepenuhnya memahami apa yang dipertaruhkan di Afghanistan dan mengakui bahwa orang-orang Afghanistan mulai muak terhadap NATO atas ketidakmampuan mereka untuk memenuhi janji-janjinya.

Namun, ia mengatakan pengorbanan yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Inggris di Afghanistan, di mana 343 tentara telah tewas sejak tahun 2001, "telah sia-sia".(fq/merinews)

No comments:

Post a Comment