Tuesday, November 23, 2010

AS Akan Habiskan Biaya 413 Miliar Dolar Hanya Untuk Perang Afghanistan

Keputusan Presiden AS Barack Obama untuk memperpanjang kehadiran tentara Amerika di Afghanistan hingga 2014 kemungkinan akan meningkatkan biaya sisa perang yang menjadi 413 miliar dolar.

Presiden AS, yang diperkirakan akan mengumumkan strategi keluar dari Afghanistan pada pertemuan puncak NATO baru-baru ini di Lisbon, mendorong untuk penundaan tak terbatas penarikan pasukan sebagai gantinya.

Obama menyatakan dalam pidato televisi nasional pada bulan Desember tahun lalu bahwa pemindahan pasukan AS dari Afghanistan akan dimulai pada bulan Juli 2011. Dia, kemudian mendefinisi ulang batas waktu sebelumnya yang menyatakan bahwa pasukan Afghanistan hanya akan mulai mengambil memimpin keamanan di Afghanistan pada tahun 2014.

Pada hari Sabtu lalu, Sekretaris Jenderal NATO mengatakan aliansi militer pimpinan AS akan tetap di Afghanistan selama waktu yang dibutuhkan untuk menghabisi musuh di sana.

Batas waktu yang baru pasti datang dengan harga berat yang harus diterima, pada saat Amerika dan banyak sekutunya menghadapi pengurangan meningkatnya defisit di negara mereka masing-masing.

"Saya tidak berpikir ada yang serius dalam berbicara tentang pemotongan dana perang sebagai cara penanganan defisit," kata Todd Harrison, pakar pendanaan Pertahanan di Pusat Penilaian Strategis dan Anggaran AS.

Hitungan biaya berdasarkan 1,1 juta dolar per prajurit per tahun, Harrison menilai bahwa deskripsi baru terhadap batas waktu akan meningkatkan biaya pembayar pajak Amerika tambahan sebesar 125 miliar dolar sampai dengan 2014 saja.

Biaya perang yang tersisa telah diperkirakan menjadi 288 miliar dolar dengan asumsi bahwa pasukan yang terlibat dalam perang Afghanistan akan ditarik pada tahun 2012. (fq/prtv)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/as-akan-habiskan-biaya-413-miliar-dolar-hanya-untuk-perang-afghanistan.htm

No comments:

Post a Comment