Friday, November 26, 2010

Akhirnya Pentagon Akui Bahwa AS Telah Gagal di Afghanistan

Pentagon mengakui dalam sebuah laporan terbarunya bahwa AS telah gagal membangun keamanan di Afghanistan, sembilan tahun setelah invasi pasukan asing pimpinan AS ke negara tersebut.

Nada laporan baru yang dikeluarkan kepada Kongres ini berbeda dengan deklarasi publik yang menggaungkan ada nada sedikit 'kesuksesan' dari para pejabat AS dan pemimpin militer AS.

Kekerasan berada pada titik tertinggi sepanjang masa dalam sembilan tahun di Afghanistan, dengan insiden pertempuran mencapai 300 persen sejak tahun 2007 dan 70 persen sejak tahun lalu, AFP mengutip laporan Selasa kemarin (23/11).

"Kemajuan di seluruh negeri tetap tidak rata, dengan perolehan sederhana dalam hal keamanan, pemerintahan, dan pembangunan di bidang-bidang prioritas operasional," kata laporan itu.

Terlepas dari kehadiran sekitar 150.000 AS dan pasukan asing lainnya, belum ada perbaikan yang telah dilakukan dalam situasi keamanan di Afghanistan.

Kehadiran pasukan asing di Afghanistan hanya membawa korban sipil semakin meningkat.

Ratusan warga sipil telah kehilangan nyawa mereka di berbagai bagian Afghanistan dalam serangan udara pimpinan AS dan operasi darat militer selama beberapa bulan terakhir.

PBB telah melaporkan kenaikan 30 persen jumlah korban sipil pada paruh pertama tahun 2010 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. (fq/prtv)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/akhirnya-pentagon-akui-bahwa-as-telah-gagal-di-afghanistan.htm

No comments:

Post a Comment