Monday, April 25, 2011

Assad Semakin Kalap, Ribuan Tentara Dikerahkan untuk Serbu Kota Daraa

Ribuan tentara yang didukung oleh tank dan penembak jitu bergerak sebelum fajar ke kota di mana pemberontakan anti-pemerintah Suriah dimulai, menyebabkan kepanikan di jalan-jalan ketika ribuan tentara itu melepaskan tembakan tanpa pandang bulu terhadap penduduk sipil dan menyerang rumah ke rumah untuk menangkap pengunjuk rasa yang dicurigai. Setidaknya 11 orang tewas dan 14 lainnya terbaring di jalan-jalan - tewas ataupun terluka parah, kata saksi mata.

Serangan militer Suriah di kota selatan Daraa dan setidaknya dua daerah lain dilakukan untuk memaksakan kontrol militer terhadap pusat aksi protes melawan Presiden Bashar Assad, yang keluarganya telah memerintah Suriah selama empat dekade. Penduduk dan aktivis hak asasi manusia mengatakan rezim Assad ingin menakut-nakuti dan mengintimidasi lawan mereka dari melakukan aksi demonstrasi lagi.

Serangan ofensif itu secara cermat direncanakan, di mana listrik, air dan layanan telepon seluler diputus oleh rezim. Agen keamanan bersenjata dengan senjata dan pisau melakukan penyisiran dari rumah ke rumah, mencari aktivis anti Assad.

"Mereka telah menempatkan penembak jitu untuk orang yang mencurigakan," kata seorang saksi kepada Associated Press melalui telepon. "Mereka tidak pandang bulu. Bahkan ada penembak jitu di masjid. Mereka menembaki semua orang," tambahnya, meminta namanya tidak disebut karena takut pembalasan aparat.

Serangan besar-besaran terhadap kota Daraa tampaknya menjadi bagian dari strategi baru yang melumpuhkan, melawan kelompok oposisi yang menentang Assad.(fq/ap)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/assad-semakin-kalap-ribuan-tentara-dikerahkan-untuk-serbu-kota-daraa.htm

1 comment: