Tuesday, January 11, 2011

Ulama Besar Dari Bosnia Itu Wafat

Salah satu ulama paling penting dari Bosnia Herzegovina dan Balkan, Haji Hafiz Khalid Hacımulic dilaporkan telah meninggal dunia.

Haji Hafiz Khalid Hacımulic, seorang tokoh penting di Uni Islam Bosnia dan Herzegovina, meninggal dunia di Sarajevo.

Hacımulic lahir di Sarajevo pada tahun 1915, lulus dari perguruan tinggi pada tahun 1937. Ia kemudian mempelajari Filologi di Zagreb dan Sarajevo, dan menguasai bahasa Arab, Persia, Turki, Prancis, Inggris, Jerman dan bahasa Latin.

Ia kemudian menjadi imam di Carska Dzamija-Sultan Masjid di Sarajevo selama 50 tahun tanpa bayaran sedikitpun. Hacimulic disebut "legenda" karena kontribusinya kepada masjid-masjid Bosnia dan Herzegovina, serta telah begitu banyak yang telah ia didik. Hacımulic mengabdikan hidupnya untuk Bosnia agar tetap berpegang pada Islam.

Ia wafat dengan meninggalkan begitu banyak terjemahan dan manuskrip yang tak terhitung jumlahnya. Hacımulic meninggal pada hari Sabtu, 8 Januari pada usia 96. Masalah kesehatan diduga sebagai pemicunya. Pemakaman ulama ini dilakukan setelah shalat Maghrib di Masjid Gazi Husrev Bey, dimana ia bekerja lebih dari setengah abad ketika masih hidup. (sa/wb)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/haji-hafiz-khalid-hac-mulic-dari-bosnia-wafat.htm

No comments:

Post a Comment