Tuesday, January 11, 2011

Mengapa Pasukan Asing Dikerahkan Ke Kandahar?

Puluhan ribu pasukan asing dikerahkan ke Kandahar. Di wilayah itu, mereka melakukan serangan militer selama setahun terakhir.

Pasukan asing di Afghanistan dilaporkan telah menyebabkan kerusakan senilai lebih dari $ 100 juta, dengan rincian kerusakan pada tanaman buah dan rumah dalam serangan di provinsi Kandahar, demikian hasil laporan sebuah institusi.

Pada bulan November 2010, Afghan Rights Monitor (ARM), sebuah kelompok hak asasi manusia, melaporkan kerusakan besar oleh pasukan NATO terhadap ratusan rumah di tiga kabupaten yang sama. DIperkirakan jumlah rumah yang telah dirusak mencapai lebih dari 300.000, dan merupakan rumah dari satu juta penduduk provinsi itu.

Delegasi pemerintah, yang dipimpin oleh penasihat Presiden Hamid Karzai, Mohammad Sadiq Aziz, mengatakan pasukan asing menyebabkan kerusakan rumah dan kebun, dan akibatnya panen terganggu, dan rakyat menjadi pengungsi.

"operasi militer Omid Hope, yang berlangsung selama beberapa waktu di Arghandab, Zhari, dan kabupaten Panjwai, telah mengakibatkan kerusakan parah bagi rakyat," kata Aziz dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Karzai.

Aziz mengatakan beberapa orang Afghanistan ditahan oleh pasukan asing selama operasi itu telah dibebaskan setelah permintaan pemerintah.

Ekonomi Kandahar sangat bergantung pada pertanian dan provinsi ini dikenal karena tanaman buah delima, anggur dan gandum yang subur. (sa/wb)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/mengapa-pasukan-asing-dikerahkan-ke-kandahar.htm

No comments:

Post a Comment