Thursday, June 9, 2011

AS Beli Helikopter Rusia untuk Misi Militer di Afghanistan

Perusahaan ekspor senjata Rusia Rosoboronexport telah menandatangani kesepakatan kontrak senilai 300 juta dolar dengan Departemen Pertahanan AS untuk memasok 21 unit helikopter Mil Mi-17 multirole ke Afghanistan untuk digunakan dalam operasi militer pimpinan AS.

"Ini adalah kontrak besar pertama Rusia yang ditandatangani langsung dengan Departemen Pertahanan AS," kata Sergei Prikhodko, seorang pembantu kebijakan luar negeri Presiden Rusia Dmitry Medvedev, lapor kantor berita RIA Novosti, Sabtu kemarin (28/5).

Dia menambahkan bahwa kesepakatan itu diputuskan selama KTT G-8 di Deauville, Perancis, yang berakhir Sabtu kemarin.

"Kontrak ini menandai langkah besar dalam kerja sama praktis yang lebih erat antara Rusia dan Amerika Serikat untuk meningkatkan kemampuan tempur tentara di Afghanistan," kata Prikhodko.

Pengiriman helikopter akan mulai dilakukan Oktober ini dan akan selesai hingga tahun 2012.
Diluar dari pembelian helikopter, kontrak juga menyangkut pengiriman suku cadang, peralatan dukungan, dan dukungan pemeliharaan.

Kontrak tersebut datang bersamaan dengan Amerika Serikat dan Rusia telah melakukan pembicaraan selama lebih dari satu tahun atas kesepakatan untuk menyediakan helikopter yang sangat dibutuhkan untuk misi NATO pimpinan Amerika di Afghanistan.

Sementara itu, pengamat berpendapat bahwa meskipun klaim bahwa pesawat dibeli untuk tentara Afghanistan, sangat tidak mungkin bahwa pasukan Afghanistan akan benar-benar memiliki kontrol atau akses ke helikopter yang dibeli tersebut.

Mil Mi-17 adalah helikopter angkut dua-turbin. Ini adalah versi ekspor helikopter Mil Mi-8 dan bisa mengangkut sampai 37 individu.

Pesawat buatan Rusia saat ini sedang dalam produksi di dua pabrik di Kazan, ibukota Republik Rusia Tatarstan, dan Ulan-Ude, ibukota Republik Rusia Buryatia. (fq/prtv)

http://www.eramuslim.com/berita/dunia/as-beli-helikopter-rusia-untuk-misi-militer-di-afghanistan.htm

No comments:

Post a Comment