Tuesday, January 11, 2011

Biden Lakukan Kunjungan Mendadak ke Afghanistan

Wakil Presiden AS Joe Biden melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan untuk bertemu dengan pejabat teras atas Afghanistan serta personil militer AS di negara itu.

Gedung Putih mengatakan pada hari Senin (10/1) bahwa kunjungan Biden ditujukan untuk menilai situasi keamanan di Afghanistan menjelang awal direncanakannya penarikan pasukan Amerika pada Juli mendatang, Associated Press melaporkan.

Kunjungan itu terjadi di tengah meningkatnya pertanyaan tentang kemajuan dalam perang Afghanistan yang hampir mendekati satu dekade.

Tidak jelas apakah bagian dari alasan kunjungan Biden mendadak tersebut adalah untuk memperlancar hal-hal yang berhubungan dengan Karzai.

Biden juga dilaporkan akan mengunjungi ibukota Pakistan Islamabad akhir pekan ini.

Presiden AS Barack Obama juga melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan pada awal Desember lalu di mana ia mengunjungi pasukannya di pangkalan udara Bagram, namun gagal bertemu dengan mitra Afghanistannya Hamid Karzai.

NATO dan pejabat AS mengklaim mengambil keuntungan dalam mengalahkan Taliban. Namun pejuang Taliban telah berulang kali menunjukkan kemampuan mereka untuk berkumpul kembali dan melakukan serangan terhadap tentara Afghanistan dan pasukan asing pimpinan Amerika di seluruh negeri terebut.

Pasukan Afghanistan diatur untuk memikul tanggung jawab penuh untuk keamanan pada tahun 2014.(fq/prtv)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/biden-lakukan-kunjungan-mendadak-ke-afghanistan.htm

No comments:

Post a Comment