Monday, May 2, 2011

Rezim Assad Tahan Ratusan Aktivis Suriah

Ratusan aktivis Suriah ditangkap pada hari Minggu kemarin, termasuk di kota pusat aksi yang dikepung Daraa dan pinggiran kota Damaskus, setelah puluhan orang tewas dalam protes akhir pekan, kata beberapa aktivis.

Aktivis anti-rezim menyerukan aksi protes ditujukan untuk mematahkan pengepungan terhadap kota Douma pinggiran ibukota dan kota Daraa, serta menyerukan aksi solidaritas dengan kota-kota lain yang juga menghadapi serangan aparat keamanan.

Enam warga sipil tewas di Daraa pada hari Sabtu lalu, sehari setelah protes besar-besaran pada Jumat lalu di Suriha, di mana kelompok-kelompok HAM mengatakan korban sipil berjatuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak aksi dimulai pada 15 Maret lalu, dengan menewaskan sekitar 580 orang.

"Setidaknya 356 orang ditahan hari ini di Suriah, termasuk di Daraa, Douma, Latakia dan Qamishli," kata seorang aktivis AFP melalui telepon pada hari minggu kemarin (1/5).

Dia mengatakan demonstrasi berlangsung di pusat kota Homs, di mana pemrotes meneriakkan "Rakyat menuntut jatuhnya rezim" di daerah Khaldiyeh dekat masjid Nur.

Sebuah protes juga dilakukan di kota pesisir Latakia dan di Banias.

Pasukan tank didukung oleh kendaraan lapis baja pada hari Minggu kemarin melaju di jalanan Daraa, menembak ke arah rumah warga dan menangkap laki-laki berusia 15 tahun ke atas, seorang aktivis dari kota mengatakan kepada AFP.

"Sejak pagi pasukan tentara dan keamanan telah menyisir lingkungan satu per satu dan melakukan penangkapan. Ratusan orang telah ditangkap sejak Jumat lalu," kata aktivis Abdullah Abizad melalui telepon.

Di Douma, militer telah memperketat pengepungan dan memiliki 200 daftar nama orang-orang yang akan menangkap," kata aktivis yang lain, menambahkan pasukan keamanan telah bersumpah untuk tidak meninggalkan Douma sebelum menangkap semua orang yang ada di dalam daftar.

Seorang aktivis mengatakan pasukan keamanan telah melakukan penangkapan dalam rangka untuk meneror rakyat dan melemahkan gerakan protes anti rezim.(fq/afp)


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/teror-demonstran-rezim-assad-tahan-ratusan-aktivis-suriah.htm


No comments:

Post a Comment